Strategi Mengubah Perilaku Buruk

MENGUBAH perilaku tak sehat butuh disiplin dan niat kuat. Juga perlu strategi dan rencana yang tak sama cara pendekatannya untuk masing-masing orang. Berikut ini sejumlah langkah yang mungkin berguna bagi Anda untuk hidup lebih sehat:

  1. Bikin daftar kebiasaan tak sehat,
    Contohnya, makan terlalu cepat, lebih sering ngemil daripada makan besar, lebih senang duduk manis nonton televisi sambil ngemil daripada jalan pagi, dan lain-lain.
  2. Pilih dan fokus pada satu perubahan,
    Mencoba mengubah lebih dari satu perilaku tak sehat dapat membuat Anda kewalahan. Fokus pada satu perubahan akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk sukses mengubah diri.
  3. Pertimbangkan cara mengembangkan kebiasaan sehat,
    Cari tahu apa penyebab kesenangan ngemil? Adakah berkaitan dengan stres yang sering melanda?
  4. Pikirkan cara realistis mengubah perilaku jadi sehat,
    Mengunci pintu kulkas tentu bukan cara bijaksana menghindari kebiasaan ngemil. Pilih cara yang realistis seperti membawa kotak makan siang yang banyak sayur dan buah serta rencanakan berolahraga seusai kerja.
  5. Pikirkan cara alternatif untuk menghindari halangan,
    Contohnya, ubah jadwal olahraga jadi pagi hari jika tengah hari Anda tak bisa menghindari rapat atau pertemuan dengan klien.
  6. Tetapkan tanggal untuk mencapai tujuan,
    Tetapkan tanggal yang realistis sehingga Anda dapat mencapainya dengan nyaman dan tak tergesa-gesa. Anda mungkin butuh waktu beberapa hari untuk mengubah diri, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.
  7. Evaluasi kesuksesan Anda,
    Ketika tujuan tak tercapai, apa yang didapat dari perubahan gaya hidup itu? Adakah strategi alternatif sehingga tujuan bisa tercapai lebih baik?
  8. Jadikan kebiasaan baru ini permanen,
    Jangan biarkan kesibukan kerja menyebabkan Anda melewati waktu makan siang. Ini akan membuat Anda kembali ke kebiasaan ngemil sepanjang hari.
  9. Setelah berhasil mengubah satu, ulangi untuk kebiasaan buruk yang lain,
    Kebiasaan tak sehat lain juga bisa diubah dengan langkah-langkah sama.

Diyah Triarsari, kompas.com

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: