10 Strategi di Masa Percobaan

Biasanya, sebelum perusahaan merekrut seseorang menjadi karyawan, mereka memberikan masa percobaan. Masa percobaan biasanya menjadi masa yang kritis. Pada masa ini perusahaan akan mengamati dan menilai calon karyawan secara cermat dan menyeluruh, mulai dari cara kerja, kebiasaan hingga penampilan.

Berikut ini 10 strategi untuk bertahan di masa percobaan. Selamat berjuang!

  1. Dua minggu pertama, berusahalah untuk berkenalan dengan rekan-rekan baru Anda. Jangan terpikir untuk menjadi seorang penyendiri. Sembilan puluh lima persen kegagalan di masa percobaan terjadi karena kandidat dinilai kurang mampu beradaptasi dengan sekitar. Penilaian itu bahkan kadang mengabaikan hasil kerja Anda. Jadi, bergaullah!
  2. Pada paruh pertama masa percobaan, mintalah waktu pada atasan untuk membicarakan hasil kerja Anda selama ini. Jangan tunggu sampai atasan Anda yang mencari Anda untuk bicara. Bersikaplah aktif dan progressif. Atasan Anda pasti terkesan dengan semangat Anda.
  3. Catat kegiatan kerja Anda sehari-hari. Bandingkan dengan job description yang diberikan bagian personalia pada Anda. Ini berguna, bila Anda menemukan bahwa ternyata tugas keseharian Anda tidak sesuai dengan jabatan Anda. Anda berhak untuk meminta kenaikan jabatan atau tambahan gaji, bila perlu.
  4. Lakukanlah sesuatu yang di luar kebiasaan, namun berarti. Carilah proyek yang dapat membuat orang teringat bahwa itulah hasil karya Anda. Strategi ini akan segera meningkatkan nilai Anda di mata atasan. Proyek ini bisa sebatas departemen Anda, atau meliputi hal yang lebih dari itu.
  5. Cermati cara orang bekerja sama di kantor Anda. Siapa yang menyelesaikan rantai pekerjaan pada tim tersebut? Pikirkanlah cara untuk menjadi bagian dari sinergi rantai pekerjaan tersebut, sehingga tanpa Anda, pekerjaan di kantor Anda tak akan dapat diselesaikan.
  6. Cermati persaingan yang terjadi di antara rekan kerja. Perhatikan hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Kembangkanlah sayap jaringan Anda, bertukar informasi, majalah serta info internet terbaru. Nyalakan radar Anda. Intinya, jangan jadi orang yang paling akhir tahu.
  7. Pancarkan sinar aura Anda. Perhatikan, nilai-nilai apa yang paling dijunjung tinggi oleh perusahaan Anda. Bila perusahaan menyadari apa kontribusi Anda, mereka tak akan melepaskan Anda. Buat perusahaanmu bangga karena Anda bekerja di sana.
  8. Anggaplah semua orang sebagai klien. Berikan respon dan pelayanan yang terbaik.
  9. Hidup seimbang. Tidur cukup dan gunakan waktu senggang untuk bersenang-senang. Dengan begitu, saat kembali ke kantor Anda selalu berada dalam kondisi yang prima.
  10. Tentukan tujuan masa depan Anda. Apa yang ingin Anda perbaiki bila beberapa tahun ke depan Anda masih bekerja di perusahaan ini? Dalam setiap tugas yang Anda lakukan, anggaplah Anda sudah menjadi karyawan tetap di perusahaan ini. Itu akan menumbuhkan rasa memiliki Anda pada perusahaan dan Anda pasti semakin bersemangat dalam bekerja.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: