Cara Menjaga Energi Tubuh Tetap Tinggi

JAM kerja yang panjang, asupan makanan yang buruk, serta istirahat yang kurang, menguras simpanan gizi di dalam tubuh. Ketiga hal itu juga menyebabkan kelelahan. Mengetahui apa yang meningkatkan vitalitas tubuh dan apa yang menguras energi, menurut buku Food That Harm, Food That Heal, akan membantu membuat anda tetap fit.

Penguras Vitalitas:

  • Alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebih dapat mengganggu waktu istirahat malam. Bila Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan minum alkohol, jaga agar konsumsinya tidak melebihi batas aman. Usahakan satu atau dua hari bebas alkohol dalam sepekan.
  • Merokok. Pada awalnya nikotin memang menstimulasi otak, tetapi kemudian akan bertindak sebagai depresan. Merokok akan menguras mikronutrien seperti vitamin B dan C. Ini berarti kerja ekstra keras bagi antioksidan dalam mendetoks tubuh.
  • Kekhawatiran dan stres. Lakukan kegiatan rutin setiap hari yang menjauhkan pikiran dari masalah. Meditasi, mendengarkan musik, atau berkebun dipercaya dapat menenangkan pikiran dan menjauhkan kita dari masalah.
  • Alergi. Kelelahan bisa jadi merupakan gejala alergi terhadap makanan tertentu.

Penambah Vitalitas:

  • Tidur. Tidur malam yang cukup atau tidur siang seperti kucing akan mengistirahatkan pikiran dan menambah energi.
  • Sarapan. Anda akan merasa lelah bila tetap memaksa beraktivitas sepanjang pagi tanpa asupan energi. Sarapan roti, sereal, buah segar, dan yoghurt di pagi hari akan menambah vitalitas Anda.
  • Udara segar. Jalan-jalan sejenak menghirup udara segar akan melepas kepenatan Anda.
  • Tarik napas dalam-dalam. Menghirup oksigen ke dalam tubuh adalah salah satu cara untuk melepaskan tekanan dan meningkatkan vitalitas. Usahakan rileks dan tarik napas. Hitung sampai empat. Buang napas lewat mulut (jaga agar rahang tetap rileks) dan hitung sampai delapan. Ulangi sampai Anda merasa segar.

Diyah Triarsari,

sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: