Cara Bijak Dukung Atasan

Banyak pemimpin perusahaan yang mengikuti berbagai macam kursus serta belajar bagaimana cara mengatur para pegawainya. Sayangnya, cuma sedikit yang belajar bagaimana cara “mengatur” bosnya.
Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan agar bos mendapatkan hasil yang lebih baik, sekaligus membantu menjalin serta mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan atasan Anda.

  1. Memotivasi atasan
    Cari tahu, apa yang penting buat atasan dan bagaimana agar dapat membantunya. Apakah atasan lebih memusatkan perhatian pada peningkatan penjualan atau lebih tertarik pada pengembangan pemasaran internasional? Bila Anda tahu apa yang diprioritaskan atasan, hal ini akan dapat membantu Anda untuk lebih memusatkan waktu dan tenaga pada prioritas-prioritas tersebut.
  2. Bekerja sebagai tim
    Atasan Anda berhadapan dengan berbagai macam tekanan dari pihak-pihak yang belum tentu Anda ketahui. Tanyakan pada atasan, cara yang bagaimana yang diinginkannya agar Anda dapat membantunya. Cari cara untuk mempermudah pekerjaan atasan dan tunjukkan padanya, Anda dapat membantunya.
  3. Beri umpan balik
    Tidak mudah untuk memberikan umpan balik pada atasan. Namun walau bagaimanapun juga, Anda harus memberitahu atasan, apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak. Tentu saja sampaikan hal itu dengan cara yang sopan dan disertai bukti nyata. Dengan cara ini Anda membantu atasan dalam mengatasi masalah yang dihadapi dan hubungan dengan atasan pun akan lebih kuat. Sebelum mencobanya, Anda dapat mempraktekkannya terlebih dahulu pada teman sekerja beberapa kali dan setelah itu sampaikan pada atasan dengan cara yang sopan.
  4. Tawarkan saran, bukan keluhan
    Bila ada masalah, temui atasan untuk memberi saran yang spesifik atas apa yang dapat Anda lakukan. Hal ini jauh lebih membantu daripada hanya menunjuk kesalahan atau mengeluh.
  5. Jangan memberi kejutan
    Artinya, beritahu atasan tentang masalah-masalah yang sekiranya bakal jadi hambatan jauh sebelum persoalan tersebut berkembang. Pastikan atasan memperoleh semua informasi agar dia tidak terkejut di dalam rapat.
  6. Bantu atasan
    Cari cara agar atasan tampak baik. Bantu atasan agar dapat naik ke posisi yang lebih tinggi dan dengan demikian Anda pun akan siap untuk naik ke posisi yang lebih tinggi. Memiliki hubungan kerja yang sangat baik merupakan hal yang utama demi keberhasilan Anda. Semuanya tergantung dari bagaimana Anda memperlakukan atasan. Yang jelas, bukan dengan cara menjilat!

Sumber : Kompas.com

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: