Memperbaiki Kesalahan

Nobody’s perfect, termasuk dalam melakukan pekerjaannya. Kesalahan dalam bekerja, entah itu kehilangan arsip laporan, tak bisa memenuhi deadline, atau salah mengirim e-mail berisi curhatan pribadi kepada bos, bisa merusak profesionalisme kita. Tapi, tak perlu panik berkepanjangan bila Anda baru saja membuat kesalahan. Simak tips dari Andrea Kay, penulis buku Work’s a Bitch and Then You Make It Work, berikut ini:

  1. Tarik napas
    Begitu Anda sadar baru saja membuat suatu kesalahan, mundurlah sejenak dari situasi tersebut. Tarik napas dalam-dalam dan ambil break. “Rasa takut dan emosi bisa memengaruhi tindakan dan memperburuk situasi,” kata Kay.
  2. Hadapi
    Jangan berharap si bos tak mengetahui kesalahan yang Anda buat. Segeralah minta maaf dan sampaikan Anda akan menghindari kesalahan serupa di kemudian hari.
  3. Cari solusi
    Bila kesalahan yang terjadi berskala besar, seperti laporan bujet yang salah, atau berdampak pada orang lain, galilah beberapa alternatif ide untuk mengoreksi kesalahan. Lalu, sampaikan lewat memo pada atasan atau sampaikan dalam rapat. Meski pada akhirnya atasan yang akan memegang kendali keputusan, paling tidak Anda sudah menunjukkan inisiatif dengan cara menawarkan solusi, daripada malah bersembunyi.
  4. Maju terus
    “Cara terbaik untuk memperbaiki kesalahan adalah melanjutkannya dengan performa yang lebih baik,” kata Kay. Kembalikan kepercayaan dari atasan dan rekan-rekan kerja dengan menunjukkan pada mereka hasil kerja yang memuaskan. Suka atau tidak, semua perhatian kini tertuju pada Anda, jadi gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kinerja terbaik Anda.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: