Merokok Tingkatkan Potensi Alzheimer

Merokok sudah terbukti tidak baik untuk kesehatan. Berbagai penyakit dalam tubuh bisa dipicu kebiasaan mengisap tembakau tersebut. Bahkan, dalam penelitian terbaru, warga evergreen yang belum menghentikan kebiasaan merokok beresiko mengidap alzheimer.

Lewat analisis yang dilakukan 24 penelitian sebelumnya, peneliti-peneliti dari inggris menemukan bahwa warga evergreen yang merokok beresiko mengidap alzheimer dibandingkan bukan perokok. Ketika diperdalam, perokok memiliki 79 resiko lebih tinggi untuk kehilangan memori dibanding mereka yang bebas rokok.

Tak hanya itu, ada bukti yang menyatakan bahwa smokers (perokok) beresiko mengidap tipe lain dari demensia. Serta, penurunan kemampuan mental yang berhubungan dengan usia.

Intinya, dikutip Reuters Health, merokok sangat berhubungan dengan meningkatnya terjangkit alzheimer. ” Dengan demikian, seharusnya orang harus menghentikan kebiasaan merokok. Bahkan sama sekali tidak merokok, ” ulas Dr Ruth Peters dari Imperial College London.

Peters dan rekan-rekannya yang merilis hasil penelitian itu di jurnal BMC Geriatrics menambahkan, merokok berkontribusi meningkatkan resiko demensia setara dengan pengaruh buruk rokok terhadap kesehatan jantung.

Caranya, rokok merusak pembuluh darah dan aliran darah. Seiring bertambahnya usia, hal itu (kerusakan pembuluh darah, Red.) meningkatkan kerusakan jaringan otak.

Kabar baiknya, begitu seseorang berhenti merokok, resiko terjangkit alzheimer juga berkurang. “Memang masih butuh penelitian lanjutan. Namun, ada kemungkinan, resiko alzheimer merosot begitu smokers berhenti merokok, ” jelasnya.

Sumber: Jawa Pos

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: