Hindari Konsumsi Fastfood

Tak bisa dipungkiri jika makanan fastfood banyak digemari oleh semua orang terlebih anak-anak. Maklum saja, makanan siap saji memang lezat dan kemasannya menarik serta bersih. Namun demikian, dibalik penampilannya yang menggiurkan, fastfood memiliki banyak bahaya yang mengancam kesehatan tubuh.“Kandungan yang terdapat dalam fastfood adalah lemak yang tinggi dan rendah serat. Makanan ini banyak mengandung kalori, garam, lemak, dan kolesterolnya sangat tinggi. Seharusnya kandungan gizi dalam suatu makanan harus seimbang, yakni ada sumber tenaga, sumber protein, mineral, dan vitamin”, tutur Endah Bardiati, Ahli Gizi RS. Mitra Keluarga Surabaya.

Pada fastfood hanya sedikit mengandung serat, selebihnya adalah kolesterol. Padahal makanan berserat justru banyak membantu pencernaan dan memperlancar buang air besar.

Endah menambahkan, “resiko yang bisa diakibatkan oleh fastfood adalah penyakit degeneratif, seperti kolesterol tinggi, jantung, hipertensi. Penyakit degeneratif berawal dari pola makan yang salah.

Dalam makanan, haruslah tercukupi paling tidak unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. ” Kandungan gizi yang ideal dalam makanan yang dibutuhkan tubuh adalah mengandung karbohidrat 60-70%, protein 30%, dan lemaknya 30%”, tambah Endah.

Pola makan hidup sehat dapat dilakukan dengan jalan:

  1. Membiasakan sarapan dan makan dirumah bisa dipastikan lebih sehat dan bergizi.
  2. Perhatikan kandungan yang ada dalam makanan yang kita beli.
  3. Perbanyak Minum air putih.
  4. Perbanyak mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah.

Sumber : Iklan Pos

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: