Asupan Makanan untuk Menyehatkan Gigi

Kesehatan gigi dan mulut tak cuma dipengaruhi oleh sikat dan pasta gigi, obat kumur dan benang gigi. Kita juga harus bersahabat dengan makanan dan minuman yang membantu organ kunyah kita tetap  sehat dan kuat, seperti:

  1. Kalsium. Pola makan kaya kalsium membuat gigi tetap kuat dan tak mudah goyah. Asupan yang dianjurkan adalah 1.000 mg/hari bagi wanita di bawah 50 tahun.
  2. Vitamin C. Ini adalah vitamin sahabat gigi dan gusi. Vitamin C mampu membantu memperbaiki jaringan oral yang rusak, sekaligus mencegah infeksi.
  3. Serat. Sayur dan buah adalah surganya serat. Rasa serat yang renyah laksana detergen alami untuk daerah gigi dan gusi. Plus, mampu menyingkirkan bakteri dan plak. Air liur yang keluar saat mengunyah serat dapat membantu mempertahankan keseimbangan pH mulut kita.
  4. Teh hitam. Studi yang dilakukan oleh University of Illinois College of Dentistry menemukan bahwa teh hitam dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan radang gusi.
  5. Air putih. Ketika minum air putih, kita tidak cuma bisa menghilangkan rasa haus. Tanpa terasa, kotoran dan bakteri yang menumpuk di dalam mulut juga ikut tersingkirkan.

Sumber : Kompas.com

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: