Mengontrol Rambut Berminyak

Rambut yang tak bersinar, lepek, kasar, dan terlihat basah, bisa diartikan sebagai rambut berminyak. Tipe rambut seperti ini memiliki kelenjar minyak di kulit kepala yang memproduksi minyak lebih banyak (sebum) akibat perubahan hormon pada tubuh. Biasanya, peningkatan sebum naik ke folikel rambut, dan menyebar ke batang rambut, bukan ke dalam batang rambut.

Sebum adalah suatu zat minyak yang menjaga dan membantu rambut lebih lembut, luwes, dan fleksibel. Namun, makin banyak sebum di kepala, makin terlihat lepek dan berminyak juga rambutnya.

Tipe rambut berminyak ada dua; berminyak dari kulit kepala hingga seluruh batang rambut, dan kulit kepala yang berminyak, namun batang rambut kering.

Rambut berminyak biasanya sulit diatasi, mudah kusut, dan sulit menahan tatanan rambut. Jika dibiarkan, rambut berminyak bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala, rambut rontok, ketombe, dan masalah-masalah kronis rambut lainnya.

Cara mengontrol rambut berminyak:

  • Keramas secara rutin bisa mengurangi sekaligus menghilangkan minyak yang menumpuk di kulit kepala dan rambut. Jangan lupa gunakan shampo khusus rambut berminyak.
  • Tekan-tekan dengan ujung jari secara perlahan dan lembut. Jangan menggosok atau memijat kulit kepala dengan kuku, selain bisa melukai kulit kepala, menggosok dengan kuku justru membuat kulit kepala memproduksi minyak lebih banyak.
  • Usahakan untuk keramas menggunakan air dingin, jangan air panas. Air panas membuka pori-pori, sehingga membuat minyak lebih mudah keluar dan berproduksi.
  • Carilah produk shampo yang didesain khusus untuk menghilangkan minyak di kulit kepala.
  • Jangan menumpuk air yang dalam keadaan basah di atas kulit kepala. Hal ini bisa mengakibatkan minyak dari kulit kepala berpindah ke batang rambut. Biarkan rambut yang basah tetap terurai.
  • Jangan sering-sering menyentuh, menyisir, menyikat, atau memainkan rambut. Karena jari-jari tangan dan sikat pada rambut bisa memicu kelenjar minyak untuk berproduksi, dan memindahkan minyak dari kulit kepala ke ujung-ujung batang rambut.
  • Hindari shampo dengan pelembab. Shampo berpelembab (moisturizing shampoo) biasanya didesain untuk mencegah kekeringan di batang rambut, dan tak jarang memiliki minyak juga.
  • Jangan mengaplikasikan kondisioner di kulit kepala, aplikasikan di tengah batang rambut hingga ke ujung saja.
  • Untuk jenis rambut berminyak, usahakan jangan memiliki poni rambut, karena bisa memindahkan minyak dari kulit kepala ke kulit di daerah dahi. Akibatnya, jerawat atau masalah kulit lain.

Hal-hal tersebut bisa dilakukan untuk mengontrol rambut berminyak dan mengurangi kadar minyak di rambut. Namun jika sudah terlalu parah, kontrol dan temui hairdresser berpengalaman.

Sumber : Kompas.com

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: