Makanan Yang Menutrisi Otak

Aktivitas kerja yang padat sering kali membuat otak Anda terasa mandek, tak mampu berpikir, tak bisa membuat keputusan yang baik. Apakah ini tanda-tanda Anda harus segera mencari pekerjaan baru? Hm… jangan terburu-buru.

Anda hanya perlu memberi perhatian khusus pada apa yang Anda makan. Makanan yang tepat seharusnya yang dapat menjadi bahan bakar untuk sumber energi terbesar dari tubuh, yaitu otak. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Physiology menunjukkan, meskipun otak kita hanya merupakan 2 persen dari seluruh berat tubuh, namun ia menghasilkan 20 persen kebutuhan energi pada metabolisme. Studi lain memperlihatkan bahwa kita bisa 200 persen lebih produktif jika membuat pilihan makanan yang benar.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan performa otak kita:

Untuk memori jangka pendek
Konsumsi: Kopi
Kopi yang baru dimasak adalah bahan bakar otak yang utama. Kafein telah terbukti memperlambat proses penuaan dan meningkatkan performa memori jangka pendek. Dalam sebuah studi, para peneliti dari Inggris mendapati bahwa secangkir kopi saja dapat membantu memperbaiki perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.

Hindari: Energy drinks atau terlalu banyak kopi
Pernah mendengar prinsip “yang terlalu banyak pasti tidak baik”? Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein, misalnya minum beberapa cangkir, atau koktail yang merupakan ramuan energy drink dengan minuman lain, akan mengacaukan jadwal tidur Anda. Tidur adalah waktu untuk memulihkan energi, jadi sebaiknya Anda tidak mengacaukannya.

Untuk memori jangka panjang
Konsumsi: Blueberry

Kandungan antioksidan dalam blueberry membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, dan mengurangi risiko penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson. Buah mini ini juga memperbaiki proses kognitif (seperti berpikir). Blueberry liar bahkan memiliki lebih banyak antioksidan daripada jenis yang dibudidayakan. Blueberry biasanya masak pada bulan Juli.

Hindari: Blueberry yang belum masak
Jika saat ini belum musim blueberry, belilah yang dalam kemasan beku. Freezer akan menahan cita rasa dan gizinya. Jenis yang masih pucat, dan yang harganya masih mahal karena belum musimnya, biasanya akan matang di truk pengangkut sehingga kandungan nutrisinya tidak sebaik yang matang di pohon.

Untuk berpikir lebih cepat
Konsumsi: Salmon atau tenggiri

Kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan membentuk jaringan otak sehingga akan meningkatkan kemampuan berpikir Anda. Salmon juga kaya niacin, yang dapat membantu menangkis penyakit alzheimer dan memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Hindari: Ice cream padat lemak
Tidak semua lemak diciptakan setara. Hati-hati dengan makanan yang tinggi kadar lemak jenuh, yang dapat menyumbat pembuluh darah dan mencegah aliran nutrisi dan darah ke otak. Singkatnya, ice cream bukan merupakan makanan yang menyehatkan otak.

Untuk berkonsentrasi
Konsumsi: Teh peppermint
Menurut para peneliti, aroma peppermint membantu Anda fokus dan mendongkrak performa kerja. Sebuah studi juga mendapati bahwa peppermint membuat para pengemudi lebih waspada dan mengurangi rasa gelisah.

Hindari: Permen
Makanan yang mengandung gula menimbulkan penambahan kadar glukosa yang tiba-tiba. Dalam jangka panjang, menyebabkan gula naik dan turun, yang menyebabkan pikiran menjadi kabur. Untuk itu, Anda perlu menghindari semua jenis makanan yang mengandung gula.

Untuk indra yang lebih tajam
Konsumsi: Satu sendok teh flaxseed setiap hari

Biji flax (sejenis rami) adalah sumber terbaik alphalinoleic, atau ALA, lemak sehat yang memperbaiki kinerja lapisan luar otak besar. Inilah daerah otak yang memproses informasi sensor, termasuk kesenangan. Untuk memenuhi kebutuhan, taburkan biji flax pada salad, atau campurkan ke dalam smoothie atau shake.

Hindari: Alkohol
Beberapa teguk alkohol memang dapat membuat Anda terjaga, namun jika berlebih akan membuat Anda gelisah. Bukannya cekatan, Anda malah cenderung jadi ceroboh.

Sumber: Kompas.com

Tag: , , ,

Satu Tanggapan to “Makanan Yang Menutrisi Otak”

  1. Husna Azizah Says:

    yang jelas pola makan yang sehat dan gizi yang cukup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: