Ingin Rambut Sehat? Konsumsi Makanan Ini!

Shampo dan kondisioner rambut memang merupakan perawatan rutin yang harus dilakukan sendiri untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, namun ternyata asupan makanan juga berfungsi untuk membuat rambut lebih sehat. Rambut manusia bertumbuh sekitar ¼ – ½ inci setiap bulannya, dan dasar dari pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku adalah nutrisi yang kita makan. Maka, jika makanan yang Anda asup adalah makanan sehat, alhasil Anda akan mendapati sel tubuh yang tumbuh lebih kuat dan sehat.Jika Anda terlahir dengan batang rambut yang tipis (dikenal juga sebagai fine hair atau baby hair), jangan berharap akan menjadi tebal mendadak, namun dengan makanan yang dipilih ini, Anda bisa memberikan protein dan zat besi yang cukup agar rambut tak mudah patah ataupun rontok. ”Meski Anda bisa mendapati suplemen rambut di toko-toko besar, namun lebih baik untuk mengusahakan sebisa mungkin memenuhi nutrisi yang Anda butuhkan langsung dari makanan. Bahkan dalam beberapa kasus, meski jarang, ada penemuan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen vitamin A berlebihan malah menimbulkan kerontokan rambut,” terang Paradi Mirmirani, MD, dermatologis dari California. Berikut adalah 10 bahan makanan yang bisa membantu rambut Anda lebih sehat.

1. Salmon
Sepertinya salmon selalu menempati posisi pertama untuk makanan yang bisa menyehatkan tubuh. Kaya akan asam lemak Omega-3, sumber protein alami ini juga dipenuhi vitamin B-12, juga zat besi. Asam lemak Omega-3 dibutuhkan untuk memberikan nutrisi pada kulit kepala. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan kulit kepala kering, sehingga terlihat kusam. Vegetarian? Coba tambahkan flaxseed (biji bunga sejenis rami) dalam makanan sehari-hari. Ini adalah jenis tumbuhan yang juga kaya Omega-3.

2.  Sayuran berwarna hijau tua
Bayam dan brokoli adalah sayuran yang kaya vitamin A dan C. Kedua nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sebum, atau minyak alami yang diproduksi kulit kepala Anda. Sebum bermanfaat untuk kondisioner rambut alami. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua kaya akan zat besi dan kalsium.

3. Biji-bijian
Lentil dan kacang merah seharusnya menjadi bagian penting dalam perawatan rambut. Tak hanya memberikan protein yang baik untuk pertumbuhan rambut, biji-bijian ini juga kaya zat besi dan biotin. Meski jarang, kekurangan biotin bisa menimbulkan rambut rapuh. American Dietetic Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi 3 atau lebih cangkir lentil atau kacang-kacangan setiap minggunya.

4. Kacang-kacangan
Kacang asal Brazil adalah sumber alami yang memproduksi selenium, mineral penting untuk kulit kepala. Sementara walnut mengandung alpha-linolenic acid, salah satu asam lemak omega-3 yang membantu memberikan kelembapan pada rambut. Kacang-kacangan juga sumber alami yang memberikan seng, seperti kacang mede, pecan, dan almon. Seng amat penting untuk menjaga rambut kuat dan tak rontok dari akar.

5. Unggas
Protein tinggi yang ada di unggas akan memberikan kesehatan pada rambut. Tanpa protein yang cukup atau protein yang berkualitas rendah, rambut mudah patah, sementara kekurangan protein bisa menyebabkan rambut kekurangan warna. Unggas juga menyediakan zat besi yang mudah diserap.

6. Telur
Telur adalah penyedia protein yang baik, juga memiliki biotin dan vitamin B-12, penting untuk kecantikan.

7. Whole grains
Roti gandum dan sereal gandum whole grain memiliki kandungan seng, zat besi, dan vitamin B. Makanan semacam ini juga bisa me-recharge energi antara makan siang dan makan malam.

8. Oyster
Tak hanya berkhasiat untuk meningkatkan gairah bercinta, tiram pun baik untuk kesehatan rambut. Tiram mengandung antioksidan yang kuat, karena kandungan sengnya. Namun, karena tak semua orang suka atau mudah mendapatkan makanan ini, Anda bisa menggantinya dengan daging sapi atau daging domba.

9. Produk susu rendah lemak
Skim milk dan yogurt adalah sumber alami kalsium, mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Bahan makanan ini juga mengandung air dadih dan kasein, dua sumber protein. Anda bisa mengkonsumsi yogurt sebagai sarapan. Tambahkan walnut atau flaxseed untuk tambahan asam lemak Omega-3 dan seng.

10. Wortel
Wortel terkenal sebagai makanan yang kaya vitamin A, yang membuat kulit kepala lebih sehat, juga mata, tentunya. Karena kulit kepala yang sehat amat penting untuk mendapatkan rambut yang berkilau, lembab, maka akan baik jika Anda rajin mengkonsumsi wortel sehari-hari.

Ketika menyangkut makanan, variasi adalah hal yang penting. Keseimbangan pemilihan makanan, seperti protein, buah-buahan, sayuran, whole grain, ikan, dan produk susu akan membantu rambut lebih sehat. Jika Anda sedang dalam proses diet, perlu diingat bahwa kalori yang rendah pun bisa memicu kerontokan rambut.

Sumber: Kompas.com

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: