8 Tipe Kepribadian Yang Patut Dijauhi

Pernahkah Anda mendadak merasa mau marah, sedih, atau emosi negatif lainnya hanya karena kehadiran seseorang? Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk tak memilih-milih teman, siapa pun dan di mana pun. Namun, begitu banyaknya tipe orang dengan tipe kepribadian masing-masing tak jarang “meracuni” cara kita berinteraksi dengan orang lain. Maka diperlukan suatu cara untuk mengenali tipe-tipe orang yang kepribadiannya kurang menyenangkan, agar kita tak “ketularan”.Berikut adalah tipe-tipe kepribadian orang yang tak disukai dan bagaimana mengenalinya:

  1. Manipulatif. Tipe orang seperti ini memiliki taktik manipulatif yang canggih. Bahkan tak jarang, korban-korbannya tak menyadari sedang dimanipulasi. Kadang mereka sudah tahu “kartu” Anda, dan tak jarang memainkannya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda. Mereka patut dihindari, karena bisa “memakan” sistem kepercayaan diri Anda. Mereka bisa membuat Anda kehilangan identitas, prioritas diri, dan kemampuan Anda untuk membaca situasi. Tipe kepribadian seperti ini mampu mengubah dunia berpusat di sekitar dirinya, seputar kebutuhan dan prioritasnya.
  2. Narsistik. Tipe kepribadian seperti ini memiliki kepercayaan diri yang berputar di sekitar mereka. Mereka tak selihai tipe manipulatif, namun cenderung berlebihan dan sering merengek untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Anda pasti sering merasa ingin berkata kepadanya: “Dunia tak selalu tentang kamu. Saya tak harus selalu memikirkan keperluan kamu!” Masalahnya, tipe seperti ini sangat egois, selalu keluar kata-kata yang intinya mengutamakan kebutuhan mereka. Meskipun mereka sahabat Anda, tapi mereka tak begitu mempedulikan kebutuhan Anda.
  3. Pemurung. Tipe ini sulit melihat indahnya hidup. Jika Anda mengatakan bahwa ini adalah hari yang cerah dan menyenangkan, dia akan melihatnya dengan cara yang berbeda, bahwa cuaca cerah sebentar lagi pasti akan hujan atau lainnya. Jika Anda mengatakan bahwa Anda berhasil mendapatkan tender perusahaan di presentasi kemarin, dia akan berkata bahwa pelaksanaannya pasti akan berat. Tipe seperti ini akan membawa segala yang bahagia menjadi menyedihkan. Sebelum Anda sadari, sifat negatifnya akan memakan Anda dan Anda akan melihat segalanya berubah menyedihkan.
  4. Tukang kritik. Ketika Anda melihat segalanya lucu dan menyenangkan, mereka akan berkata bahwa itu semua aneh dan tak menarik. Jika Anda mendapati pendapat orang lain yang berbeda, tipe akan menyatakannya sebagai pandangan yang salah. Jika Anda melihat cara berpakaian seseorang yang unik itu berbeda, mereka akan mencap cara pakaian yang unik justru norak. Tipe seperti ini pun bisa mendorong cara pandang Anda menjadi tipe yang pengkritik juga. Mereka bisa membuat seseorang merasa tak nyaman dan merasa selalu salah.
  5. Negatif. Tiap kali Anda memiliki ide, tipe seperti ini selalu melihat bagaimana ide itu akan sulit dijalankan. Ketika Anda berhasil meraih keberhasilan, ia akan berusaha menarik Anda jatuh. Seiring Anda bermimpi, ia akan menjadi orang pertama yang mengatakan bahwa hal itu mustahil. Tipe ini terjebak dalam dunianya sendiri dan terus bertanya kemungkinan terburuk dalam segala hal. Sulit mencoba hal baru. Kemajuan dan perubahan hanya bisa terjadi ketika seseorang mencoba dan menjalankan hal baru, serta memimpikan hal yang mustahil.
  6. Tipe basa-basi. Anda tak pernah merasa bahwa orang semacam ini tulus dalam hal apa pun. Jika Anda menceritakan cerita lucu, mereka hanya akan merespons dengan tawa seadanya. Ketika Anda sedang senang karena suatu hal, mereka juga merespons seadanya. Manusia menjalin hubungan berdasarkan rasa kedekatan tulus, namun tipe seperti ini sering berpura-pura. Tipe ini tak  memiliki hubungan yang mendalam. Ketika Anda membutuhkan teman, mereka tak pernah ada. Ketika Anda butuh kritikan yang membangun, mereka hanya akan berkata bahwa Anda sudah cukup baik. Ketika Anda berkata bahwa Anda butuh dukungan, mereka akan lebih senang untuk melihat Anda jatuh atau tak berhasil.
  7. Tak sopan. Orang-orang semacam ini akan berkata atau akan melakukan apa pun dengan cara yang tak sopan. Tak jarang, tipe ini menggunakan rahasia Anda untuk memperolok di depan banyak orang. Mereka selalu mau-tahu urusan orang lain. Tipe seperti ini tak memiliki batasan dan tak menghormati perasaan, atau pun privasi Anda. Tipe seperti ini akan membuat Anda merasa frustrasi atau tak dihormati. Sulit untuk berteman akrab dengan tipe yang senang merendahkan orang lain.
  8. Tak pernah puas. Anda tak pernah bisa membuatnya senang. Mereka akan menyia-nyiakan Anda, dan memberikan ekspektasi yang tak realistis. Tipe ini juga selalu mencari cara untuk menyalahkan Anda, dan tak pernah mau bertanggung jawab. Anda akan berusaha segenap tenaga untuk membuat mereka senang, meski akan mengorbankan waktu dan energi Anda.

Setiap kepribadian ini memiliki kesamaan;
1. Sekali mereka bisa menjalankan kebiasaan mereka pada Anda, mereka akan terus begitu.
2. Sayangnya, kebanyakan tipe ini tak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu salah dan hasilnya, mencoba menyadarkan kesalahan kepada mereka tak akan ada hasilnya. Tinggal Anda yang kebingungan.
3. Semakin tambah umur, sifat mereka akan makin menjadi-jadi, membuat dampak mereka pada diri Anda akan makin kuat.
Sejujurnya, hidup terlalu pendek untuk menghadapi “racun-racun” pada hidup. Jika memungkinkan, sebisa mungkin jangan bergaul terlalu lama dengan orang-orang yang berindikasi sifat seperti ini, dan mungkin Anda akan lebih bahagia.

Sumber: Kompas.com

Tag: , , , , ,

Satu Tanggapan to “8 Tipe Kepribadian Yang Patut Dijauhi”

  1. Rahmat Kedai Says:

    Bukannya teman yang punya sifat diatas patut diberitau?…
    Kalo seandainya tetap mental, ya itu urusan diya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: