Amankah Mencuci Rambut Setiap Hari?

Informasi pada beberapa kemasan shampo menjelaskan bahwa kita boleh berkeramas setiap hari, terutama bila rambut kita berminyak. Kita juga diminta untuk berkonsentrasi pada akar rambut, karena kulit kepala lah yang berminyak, bukan rambutnya. Setidaknya demikian pendapat ahli kecantikan Mitchell Barnes dari majalah Real Simple.

Namun ada sejumlah pendapat baru yang menyebutkan bahwa rambut sebaiknya tidak dikeramas setiap hari:

  • Rambut menjadi lebih sehat, karena kulit kepala kita memproduksi minyak alami yang menjaga agar rambut tetap sehat. Dengan membasuh minyak ini setiap hari, Anda kehilangan beberapa kunci gizi rambut. Saat Anda tidak mencuci rambut, Anda membiarkan minyak ini waktu untuk mempenetrasi dan terserap oleh rambut. Hasilnya, rambut Anda menjadi lebih lembut dan bersinar.
  • Lebih banyak kontrol. Kadang-kadang ketika rambut dibiarkan betul-betul kering, dan memberi waktu minyak alami diproduksi, rambut justru lebih dapat diatur.
  • Menjaga warna rambut. Rambut yang dicat dan dikeramas setiap hari akan membuat warna cat memudar, daripada jika Anda tidak mencucinya lebih sering.
  • Kondisioner diperlukan untuk rambut berminyak, namun cukup aplikasikan pada 2/3 rambut. Mengaplikasikan kondisioner pada akar rambut hanya akan menambah berat pada rambut. Selain itu kondisioner meninggalkan sisa minyak pada bagian atas rambut, yang membuat kotoran menempel.
  • Mengurangi penggunaan hair dryer. Otomatis, jika Anda tidak setiap hari berkeramas, penggunaan hair dryer juga makin berkurang. Artinya, Anda juga mencegah rambut cepat rusak karena terkena hawa panas.
  • Meskipun ada saran untuk menggunakan shampo dua kali saat keramas, menurut Julyne Derrick dari About.com, kita tidak harus mengikuti saran tersebut. Jika rambut kita pendek, cukup gunakan shampo sekali. Bila rambut panjang dan tebal, baru ulangi penggunaan shampo karena rambut yang tebal lebih sulit dibersihkan.

Sumber: Kompas.com

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: