Olahraga Sesuai Tipe Tubuh

Tipe tubuh umumnya terbagi menjadi tiga, endomorphs (lemak menumpuk di bagian atas seperti bentuk apel, atau menumpuk di bagian bawah seperti bentuk pir), ectomorphs (kurus dan rata, seperti tanpa lemak dan otot), serta mesomorphs (atletis dengan massa otot tinggi dan sedikit lemak). Nah, latihan yang diperlukan ketiga jenis tubuh ini tentu berlainan.

Endomorphs
“Kuncinya adalah memulai dengan latihan untuk membakar kalori, tetapi tidak membebani persendian tulang,” ujar dr Mark Klion, ahli bedah ortopedi di Mount Sinai Hospital, New York City. Olahraga benturan tinggi seperti tenis dan lompat tali sebaiknya diganti dengan jalan kaki atau bersepeda.

Untuk endos dengan payudara besar bisa mengganti olahraga sepeda biasa dengan bersepeda yang dilakukan sambil berbaring sehingga tidak harus terus membungkuk. Latihan beban ringan juga dianjurkan untuk menguatkan punggung bagian tengah hingga atas.

Ectomorphs
“Latihan fisik untuk menambah berat badan bagi seorang ecto justru lebih berat dibanding latihan untuk menurunkan berat badan. Mereka ini harus banyak makan,” ujar Cindy Bailey, Ph D, Direktur Terapi Fisik di Orthopaedic Hospital, Los Angeles, seperti dikutip situs Forbes.

Tujuan olahraga untuk orang kurus, yakni meningkatkan massa otot atau tonus. Lari jarak jauh lebih dianjurkan untuk ecto ketimbang latihan kardio. Berenang juga bagus untuk membangun massa otot dan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

Mesomorphs
Menurut Cedric Bryant, Ph D, Chief Science Officer dari The American Council of Excercise, latihan yang dapat mengontrol pernapasan dan postur tubuh, seperti yoga dan pilates, adalah yang terbaik untuk tipe meso.

Sumber: Kompas.com

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: