Menghilangkan Cegukan Yang Datang Tiba-Tiba

Tiba-tiba Anda cegukan saat akan bertemu klien penting. Padahal, Anda tidak sedang makan, apalagikeseretan. Cegukan tak mau hilang, mengganggu presentasi dan membuat Anda malu tak tertahankan. Duh, malunya! Tak hanya datang tiba-tiba, cegukan juga sering kali datang ketika Anda sedang makan makanan pedas. Berikut beberapa tips untuk menghilangkan cegukan dengan cara yang mudah dariThe Book of 1001 Home Health Remedies yang dirangkum dari Natural Healing Newsletter.* Pijat daun telinga Anda. Pijat-pijat bagian yang biasanya ditindik untuk menaruh anting, yakni daun telinga bagian bawah. Bisa jadi terdengar aneh, namun banyak orang yang sudah melakukannya dan berhasil. Tak ada yang tahu pasti apa hubungannya. Namun, dipercaya bahwa bagian yang mengontrol atau menyebabkan cegukan terletak di bagian belakang leher, di atas kolom tulang belakang.

* Tak berhasil dengan pijatan di daun telinga? Coba ambil sesendok teh gula pasir, lalu telan. Nampaknya gula mengaktifkan saraf di bagian mulut dan menenangkan diafragma (otot di bawah paru-paru yang menyebabkan cegukan). Ada juga yang mengulum sesendok teh gula hingga larut di dalam mulut.

* Ambil napas mendalam, lalu tahan sekuatnya (kira-kira 1 menit). Tahan atau coba buat gerakan menelan tiap kali ada rasa mau mulai cegukan.

* “Obat” yang sering kali dipercaya oleh orangtua adalah dengan minum air sebanyak-banyaknya. Bisa juga diganti dengan menelan beberapa es batu yang dipecah-pecah.

* Makan roti kering.

* Duduk di lantai dan peluk lutut hingga menekan dada, peluk erat. Hal ini akan menekan dada dan memaksa semua udara di dalam paru-paru untuk keluar. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan.

* Mainkan kapas di bagian dinding atas mulut Anda.

* Tutup mata Anda, lalu berikan pijatan. Ada pula yang mengatakan agar sedikit menekan mata Anda yang tertutup.

Sumber: Kompas.com

Tag: , , , ,

Satu Tanggapan to “Menghilangkan Cegukan Yang Datang Tiba-Tiba”

  1. jerzz Says:

    visit my blog again
    http://jerzz.wordpress.com/
    http://blackercomputerz.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: